PSIKOLOGI PENDIDIKAN: PENGELOLAAN KELAS

A. Manajemen Kelas
Pengertian dari manajemen kelas adalah kegiatan untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses belajar yang efektif di dalam kelas. menajemen kelas yang efektif akan memaksimalkan kesempatan pembelajaran murid. Ada perbedaan dari pandangan lama dengan pandangan baru dalam maanejemen kelas. Pandangan lama menekankan pada penciptaan dan pengaplikasian aturan untuk mengontrol perilaku murid. Sedangkan pada pandangan yang baru memfokuskan pada kebutuhan murid untuk mengembangkan hubungan dan kesempatan untuk menata diri.
B. Tujuan Pengelolaan Kelas
 Membuat kelas sebagai tempat belajar yang nyaman dan sehat.
 Menciptakan proses belajar yang efektif di dalam kelas.
 Menciptakan suasana kelas yang kondusif untuk terjadinya proses belajar.
 Selalu berusaha agar siswa benar-benar aktif belajar.
 Mengupayakan sarana-sarana yang membantu proses belajar menjadi lebih efisien dan efektif.
 Mencegah murid mengalami problem akademik dan emosional.
C. Gaya Penataan Kelas
1. Gaya auditorium tradisional, semua murid duduk menghadap guru. Penataan ini membatasi kontak murid tatap muka dan guru bebas bergerak ke mana saja.
2. Gaya tatap muka (face to face), murid saling menghadap. Gangguan dari murid lain akan lebih besar pada susunan ini ketimbang pada susunan auditorial.
3. Gaya off-set, sejumlah murid (biasanya tiga atau empat) duduk di bangku tetapi tidak duduk berhadapan langsung satu sama lain. Gangguan dalam gaya ini lebih sedekit ketimbang gaya tatap muka dan dapat efektif untuk kegiatan pembelajaran kooperatif.
4. Gaya seminar, sejumlah murid (10 atau lebih) duduk di susunan berbentuk lingkaran, atau persegi, atau bentu U. Ini terutama efektif ketika Anda ingin agar murid berbicara satu sama lain atau bercakap-cakap dengan Anda.
5. Gaya klaster (cluster), sejumlah murid (biasanya empat sampai delapan) bekerja dalam kelompok kecil. Susunan ini terutama efektif untuk pembelajaran kolaboratif.
D. Komunikator Yang Baik
Mengelola kelas dan memecahkan masalah dalam kelas perlu komunikasi yang baik antar sesama guru, murid, maupun dengan orangtua murid. Tiga aspek utama dari komunikasi adalah keterampilan berbicara, mendengar, dan komunikasi nonverbal.
1. Keterampilan berbicara
Jika seorang guru memiliki ketarampilan bebicara yang baik, Anda dan murid Anda akan menjalin hubungan yang baik juga. Memiliki keterampilan berbiacara dapat membuat rasa percaya diri dan murid dapat menghargai kita di depan saat sedang bebicara. Beberapa strategi untuk berbicara dengan jelas di kelas Anda antara lain:
 Menggunakan tata bahasa dengan benar.
 Memilih kosa kata yang gampang dipahami dan tepat bagi level grade murid.
 Menerapkan strategi untuk meningkatkan kemampuan murid dalam memahami apa yang Anda katakan.
 Berbicara dengan tempo yang tepat, tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat.
 Tidak menyampaikan hal-hal yang kabur.
 Menggunakan perencanaan dan pemikiran logis sebagai dasar untuk berbicara secara jelas di kelas.
2. Keterampilan Mendengar
Mengelola kelas akan lebih baik lagi jika Anda memiliki keterampilan mendengar dan juga diiringi dengan ketarampilan berbicara. Gaya mendengar yang memberi perhatian penuh pada pembiacara, memfokuskan diri pada isi intelektual dan esmosional dari pesan. Apabila murid Anda memiliki keterampilan mendengar yang baik, mere akan mendapat banyak manfaat dari pengajaran Anda dan mereka akan mempunyai hubungan sosial yang baik.
3. Berkomunikasi secara Nonverbal
Selain apa yang Anda katakan, sebaiknya Anda dapat berkomunikasi memlalui tangan Anda, tatapam mata Anda, menggerakkan mulut, menyilangkan kaki, atau menyentuh orang lain. Wajah sering mengungkapkan emosi dan perrhatian mereka. Senyum, merengut, tatapan kebingungan, semuanya merupakan komunikasi. Sentuhan juga dapat menjadi bentuk dari komunikasi yang kuat. Menyentuh terutama dapat dipakai untuk menghibur seseorang yang mengalami stress atau memiliki pengalaman buruk.

Sumber : 

Santrock., J. W. (2007). Psikologi Pendidikan (edisi kedua). Jakarta: Prenada Media Group

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NEUROPSIKOLOGI : SISTEM HORMON

LAPORAN OBSERVASI

Psikologi Pendidikan : Perencanaan, Intruksi, dan Teknologi