Teknologi Yang Telah Dilupakan, Yaps ini dia Telepon Umum

(gambar: telepon umum di ambil dari google picture)

Ingatkah dulu saat kita belum mempunyai telepon genggam, saat kita ingin menelepon orangtua kita, kita sibuk berlari untuk mencari telepon umum. Dengan modal koin, kita bisa menelepon orang yang ingin kita telepon. Nah, sekarang apakah anda dapat menjumpai telepon umum lagi? Jawabannya sih iya, kita masih dapat menjumpainya, biarpun itu beberapa. Tapi masih bisa berfungsi gak? tentu saja jawabannya hanya beberapa saja yang berfungsi. Kenapa? semua orang pasti tau jawabannya, karena semua orang telah beralih ke telepon genggam yang praktis dan dapat dibawa kemana-mana dan pastinya tidak lagi berlari-lari untuk mencari telepon.


Saya punya pertanyaan, kenapa sih negara Korea Selatan masih mempergunakan telepon umum, Padahal handphone yang mereknya Samsung berasal dari negara mereka dan mereka adalah negara maju. Kenapa? Karena mereka tau yang paling irit itu menggunakan telepon umum, memang mereka punya telepon genggam tapi mereka masih sering menggunakan telepon umum supaya telepon umum tidak dimuseumkan. Karena Negara kita telah memuseumkannya. Padahal jika di survey banyak anak sekolahan yang memakai telepon umum yang masih berfungsi, bukan hanya anak sekolahan tapi semua kalangan. 


Ada yang bertanya kepada mereka, kenapa masih memakai telepon umum ini? Banyak jawaban, diantaranya karena tidak punya pulsa dan hanya punya uang koin seribu bisa nelpon 5 menit jika pakai telepon umum, sedangkan mengisi pulsa tidak cukup katanya. Dan jawaban lain ada yang mengatakan “tidak punya telepon genggam, karena saya orang yang tidak mampu. Hanya dengan modal koin seribu saya bisa menelepon orangtua saya yang berada di kampung, biarpun itu hanya sebentar”


Apasalahnya kita kembali membangun telepon umum di berbagai lokasi. Biarpun tidak banyak yang penting kita masih membudidayakannya, jangan langsung di museumkan. Atau membuat yang positif seperti Inggris yang mengalihkan fungsikan kotak telepon umum menjadi tempat mencharger. 

Salah satu video yang saya ambil dari youtube mengenai komentar para netizen tentang masih perlukah telepon umum digunakan pada era sekarang ini.



Berkreativitaslah para pemuda-pemudi, mari kita wujudkan Negara kita ini menjadi Negara maju. Amiin.



by : Yustika Rahma Hasibuan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NEUROPSIKOLOGI : SISTEM HORMON

Friends Blog